Dinporapar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Purbalingga

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) mengadakan pelatihan guide atau pemandu wisata (pramuwisata) tingkat pemula. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih baik tentang seluk-beluk kepariwisataan.

Tujuan lainnya, meningkatkan pengetahuan cara memasarkan objek wisata, tentang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), guide atau pramuwisata, mengembangkan SDM pengelola wisata, dan meningkatkan kompetensi pramuwisata.

“Pesertanya 30 orang, dari masyarakat umum dan pengurus atau anggota Pokdarwis yang tidak berlatarbelakang pendidikan kepariwisataan,” kata Kabid Pariwisata Dinporapar Kabupaten Purbalingga Drs Mulyanto, kemarin (16/3).

Pelatihan yang berlangsung sehari di Aula Dinporapar, pembukaannya oleh Sekretaris Dinporapar Drs Kusmanto. Sebab, Kepala Dinporapar Drs Imam Hadi MSi sedang mengikuti Diklatpim 2 di Semarang.

Penyelenggaraan pelatihan pramuwisata bekerjasama dengan DPC HPI Kabupaten Purbalingga dan DPD HPI Provinsi Jateng. Narasumbernya Pandu Satia Barata dari HPI Jateng dan Aris Widianto dari HPI Purbalingga.

Menurut Mulyanto, pramuwisata sebagai stakeholder yang bertugas memberikan bimbingan, keterangan dan petunjuk tentang objek wisata, serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s